Pages

Daftar Blog Saya

TERIMA KASIH BUAT KASIH SETIA MU

Total Visitor

Followers

About Me

Foto Saya
Rhyon BinerY
Lihat profil lengkapku

About

Blogroll

About

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Blogger templates

Blogger news

Slider

Follow Us With Facebook

Top Nav menu

Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Selasa, 04 Maret 2014

Tugas kewiraan 2

1.  Jelaskan pendapat Anda tentang Wawasan Nusantara suatu bangsa?
Jawab:
Wawasan nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang  telah menegara tentang
diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung (melalui interaksi dan inter-relasi) dan dalam pembangunannya di lingkungan nasional termasuk lokal dan proposional, regional, serta global.

2. Menurut  pemahaman  Anda,  bagaimana  Wawasan  Nusantara  dapat  mempengaruhi  hidup  suatu bangsa/ Negara?
Jawab: 

Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan, di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui. Konsep dasar wilayah negara kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesia, karena telah melahirkan konsep Wawasan Nusantara yang menyatukan wilayah Indonesia. Laut Nusantara bukan lagi sebagai pemisah, akan tetapi sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang disikapi sebagai wilayah kedaulatan mutlak Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ada bangsa yang secara eksplisit mempunyai cara bagaimana ia memandang tanah airnya beserta lingkungannya. Cara pandang itu biasa dinamakan wawasan nasional. Sebagai contoh, Inggris dengan pandangan nasionalnya berbunyi: “Britain rules the waves”. Ini berarti tanah Inggris bukan hanya sebatas pulaunya, tetapi juga lautnya.
Tetapi cukup banyak juga negara yang tidak mempunyai wawasan, seperti: Thailand, Perancis, Myanmar dan sebagainya. Indonesia wawasan nasionalnya adalah wawasan nusantara yang disingkat Wanus. Wanus ialah cara pandang bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang sarwa nusantara dan penekanannya dalam mengekspresikan diri sebagai bangsa Indonesia di tengah-tengah lingkungannya yang sarwa nusantara itu. Unsur-unsur dasar wasantara itu ialah: wadah (contour atau organisasi), isi, dan tata laku.

3. Menurut  pendapat  Anda,  apa  yang  dimaksud  dengan  paham  kekuasaan  perang  dan  damai  yang dianut oleh bangsa Indonesia? 
Jawab:
Bangsa Indonesia  yang befalsafah dan berideologi pancasila menganut paham tentang perang  dan
damai: “Bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan”.
Pemahaman  tentang  kekuatan  dan  kekuasaan  yang  dikembangkan  di  Indonesia  didasarkan  pada
pemahaman  tentang  paham  perang  dan  damai  serta  disesuaikan  dengan  kondisi  dan  konseltasi
geografi Indonesia.

4. Menurut  pendapat  Anda,  apakah  paham  kekuasaan  yang  telah  dianut  Negara  Indonesia  masih relevan untuk dipertahankan hingga saat ini? Jelaskan dengan lengkap alasan Anda!
Jawab:
Masih, karena negara Indonesia masih memakai paham tersebut dengan berlandaskan kemerdekaan yang telah dicapai dengan tumpah darah para anak bangsa dan juga Pancasila.

5. Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan Kepemimpinan itu? 
Jawab:
Kepemimpinan adalah suatu kuasa atau wewenang yang diperoleh seseorang untuk mengatur kelompok tertentu agar menjadi lebih damai, makmur, dan sejahterah.

6. Menurut pandangan Anda, apa pembinaan tentang Wawasan Nusantara  di perguruan tinggi  masih
relevan untuk terus dilakukan? Jelaskan pendapat Anda!
Jawab:
Masih relevan karena, pembinaan tersebut dapat membimbing mahasiswa agar lebih mencintai bangsa dan negaranya serta untuk memberikan pengetahuan pada mahasiswa agar mengenali negaranya dan dapat membela negaranya dengan seluruh jiwa dan raganya.

7. Menurut  pandangan  Anda,  tantangan  apa  yang  akan  dihadapi  oleh  NKRI  dalam  mempertahankan kedaulatannya, serta kesatuannya?
Jawab:
Tantangan-tantangannya ialah:
- Banyak budaya-budaya luar yang bertolak belakang dengan budaya indonesia sehingga dapat merusak moral bangsa ini.
- Banyak warga indonesia yang lebih menyukai budaya dan ideologi bangsa lain sehingga mereka lebih membanggakan negara lain dari pada negaranya sendiri.
- Para pemimpin negeri ini kebanyakan menyalahgunakan kekuasannya untuk tujuan lain bukan untuk rakyat hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang ada dalam poin-poin pancasila.
separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers